2020-06-17

Demplot Pendampingan Kawasan Padi BPTP Riau di Kampar Masuki Fase Generatif

BPTP RIAU
...

Kampar- Pertumbuhan tanaman padi yang menghijau bagai permadani hasil buatan alam yang natural dapat kita lihat pada demplot pendampingan kawasan padi BPTP Riau yang berlokasi di dua desa yakni Desa Empat Balai dan Pulau Jambu, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar.

Padi varietas Batang Piaman yang ditanam saat ini memasuki fase pengisian bulir atau memasuki fase generatif. Secara umum tampilan morfologis tanaman merata dan tumbuh baik, namun serangan hama yaitu tikus masih ada tapi masih di bawah ambang batas dan sudah dilakukan upaya pengendalian menggunakan klerat.

Tentunya untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman, peningkatan hasil dan kualitas gabah padi tersebut sudah dilakukan pemupukan susulan ke dua. Diperkirakan sekitar satu bulan tanaman akan memasuki masa siap panen.

Dengan adanya kegiatan demplot pendampingan komoditas strategis padi pada masa pandemi Covid-19 ini dapat mendukung pengembangan ketahanan pangan, transfer teknologi, penyebaran varietas unggul baru, peningkatan produktivitas dan adopsi teknologi usahatani Padi yang optimal.

Tahapan kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan adalah monitoring PHP dan pengendalian PHT dengan lebih intensif karena saat ini kondisi padi dalam masa yang rentan.

 

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :